Komunikasi melalui Console

Algoritma Pemrograman

ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Banyak kegiatan yang telah dilakukan saat praktikum (modul 2) berlangsung. Salah satunya adalah pembuatan program-program yang dibimbing oleh asisten laboratorium, program yang kami buat menggunakan software Codeblocks dengan bahasa pemrogramman C++.
Bahasa pemrogramman C++ adalah bahasa yang amat berbeda. Untuk compiler C++ berbasis DOS, akan memerlukan beberapa kata kunci (keywords), keyword sendiri tidak cukup untuk difungsikan sebagai input dan output. Walau hampir semua fungsi dalam file library tampaknya bisa diakses oleh header filenya. Bahasa C++ bisa digunakan dalam beberapa software tertentu, salah satunya adalah software Codeblocks. Pada dasarnya, bahasa C++ banyak digunakan dalam sebuah program-program di karenakan penggunaan bahasa nya yang mudah dipahami dan mudah dipakai sesuai pemikiran programmer itu sendiri. Sebenarnya masih banyak bahasa pemrogramman yang bisa dipakai selain C++ itu sendiri, seperti contohnya : bahasa C, pascal, delphi, dan yang lainnya. Pemrogramman C++ juga memiliki bentuk umum sebagai berikut :

bentuk umum pemrograman C++

Dalam bahasa pemrogramman C++ memiliki beberapa komponen-kompenen penting yang digunakan dalam sebuah program, salah satu komponen-komponen itu seperti : include, variable, type data, dan yang lainnya. Sebelum membuat salah satu program di software Codeblocks, biasanya kita akan berhadapan dahulu dengan yang namanya komunikasi melalui Console. Apa itu Console, Console merupakan interface dasar pada komputer, biasanya berupa keyboard dan monitor. Keyboard merupakan alat input standar dan monitor adalah alat output standar. Dalam library iostream C++, standard operasi input dan output untuk pemrograman didukung oleh 2 data streams : cin untuk input dan cout untuk output. Juga, cerr dan clog sebagai tambahan untuk output streams yang di desain khusus untuk menampilkan error messages. Dapat diarahkan langsung ke standard output maupun ke log file.
Berikut ini adalah program yang saya kerjakan sewaktu praktikum berlangsung antara lain, membuat program menggunakan software Codeblocks untuk menampilkan nama depan dan nama belakang tanpa harus terpisah :

contoh program untuk menampilkan nama
         
   Maka tampilan yang akan keluar dari program DOS seperti gambar berikut :
            
contoh output dari program untuk menampilkan nama

            Selanjutnya adalah program yang saya buat dengan bimbingan kaka kelas untuk membuat sebuah program perhitungan dimana perhitungan kali ini menggunakan perkalian dari angka yang dicetak pada data input, yaitu sebagai berikut :

contoh program perhitungan 

        Maka tampilan yang akan keluar dari program DOS seperti gambar berikut :
       
contoh output dari perhitungan diatas
Dan program saya yang lainnya adalah membuat program untuk menampilkan tanggal lahir beserta dengan umurnya yang dibuat berdasarkan data-data yang di input kan untuk dicetak dilayar DOS dengan bahasa program C++ dan tambahan type data baru sebagai kunci program tersebut, programnya adalah sebagai berikut:

contoh program menggunakan typedef struct

Maka tampilan yang akan keluar dari program DOS seperti gambar berikut :

contoh output dari program yang mrnggunakan typedef strutct

0 Response to "Komunikasi melalui Console"

Post a Comment

wdcfawqafwef