Tipe Data dan Operator

Algoritma pemrograman 

ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Banyak kegiatan yang telah dilakukan saat praktikum (modul 3) berlangsung. Salah satunya adalah pembuatan program-program yang dibimbing oleh asisten laboratorium, program yang kami buat menggunakan software Codeblocks dengan bahasa pemrogramman C++.
Bahasa pemrogramman C++ adalah bahasa yang amat berbeda. Untuk compiler C++ berbasis DOS, akan memerlukan beberapa kata kunci (keywords), keyword sendiri tidak cukup untuk difungsikan sebagai input dan output. Walau hampir semua fungsi dalam file library tampaknya bisa diakses oleh header filenya. Bahasa C++ bisa digunakan dalam beberapa software tertentu, salah satunya adalah software Codeblocks. Pada dasarnya, bahasa C++ banyak digunakan dalam sebuah program-program di karenakan penggunaan bahasa nya yang mudah dipahami dan mudah dipakai sesuai pemikiran programmer itu sendiri. Sebenarnya masih banyak bahasa pemrogramman yang bisa dipakai selain C++ itu sendiri, seperti contohnya : bahasa C, pascal, delphi, dan yang lainnya. Pemrogramman C++ juga memiliki bentuk umum sebagai berikut :

Bentuk umum Pemrograman C++

Dalam bahasa pemrogramman C++ memiliki beberapa komponen-kompenen penting yang digunakan dalam sebuah program, salah satu komponen-komponen itu seperti : include, variable, type data, dan yang lainnya. Di dalam sebuah program C++ yang kita buat di software Codeblocks pasti ada istilah yang namanya tipe data dan operator. Apa itu tipe data, tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh computer ataupun software untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman computer ataupun software yang dipakai. Tipe data sendiri dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu tipe data dasar dan tipe data bentukan. Tipe data dasar sudah di definisi kan oleh software atau computer itu sendiri, seperti tipe bilangan bulat (integer), bilangan riil (floating-point), tipe logika (boolean), dan tipe karakter/teks (character/string).
Tipe data bilangan bulat yaitu data-data angka yang tidak mengandung angka di belakang koma. Tipe data yang termasuk dalam kategori ini adalah seperti Char, Int, Long, Short, dan lain-lain. Tipe data bilangan rill yaitu data-data angka yang mengandung angka dibelakang koma. Tipe data yang termasuk dalam kategori ini adalah seperti Float, Double, dan lain-lain.
Sedangkan untuk tipe data bentukan  adalah tipe data yang dibentuk dari tipe dasar seperti tipe struktur. Tipe struktur itu sendiri adalah suatu tipe data yang merupakan kumpulan dari tipe data lainnya.
Selain ada tipe data didalam program, ada juga yang namanya operator dalam sebuah program. Apa itu operator, operator adalah simbol yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan sesuatu operasi atau manipulasi. Ada beberapa jenis operator dalam sebuah program, antara lain seperti operator penugasan, operator aritmatika, operator hubungan (perbandingan), operator naik dan turun (increment dan decrement), operator bitwise, operator logika, dan operator kondisi.
Berikut ini adalah program yang saya kerjakan sewaktu praktikum berlangsung antara lain, membuat program menggunakan software Codeblocks untuk menampilkan hasil perhitungan sesuai data yang telah dimasukkan :

contoh program perhitungan menggunakan variable m dan n

Maka Output yang akan ditampilkan dari program tersebut adalah sebagai berikut :

contoh output dari program perhitungan di atas

Selanjutnya adalah program yang saya buat dengan bimbingan kaka kelas untuk membuat sebuah program untuk menampilkan pernyataan yang salah, yaitu sebagai berikut :

contoh program prnggunaan if dan else

Maka Output yang akan ditampilkan dari program tersebut adalah sebagai berikut :

contoh output dari program penggunaan if dan else di atas

            Dan program saya yang lainnya adalah membuat program untuk menampilkan data perhitungan dalam menerapkan istilah increment dan decrement, programnya adalah sebagai berikut:


contoh program dengan menggunakan increment dan decrement

Maka Output yang akan ditampilkan dari program tersebut adalah sebagai berikut :

contoh output dari program C++ yang menggunakan increment dan decrement

0 Response to "Tipe Data dan Operator"

Post a Comment

wdcfawqafwef