Dasar Pemrograman Bahasa C++

Algoritma Pemrograman

ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Banyak kegiatan yang telah dilakukan saat praktikum (modul 1) berlangsung. Salah satunya adalah pembuatan program-program yang dibimbing oleh asisten laboratorium, program yang kami buat menggunakan software Codeblocks dengan bahasa pemrogramman C++.
Bahasa pemrogramman C++ adalah bahasa yang amat berbeda. Untuk compiler C++ berbasis DOS, akan memerlukan beberapa kata kunci (keywords), keyword sendiri tidak cukup untuk difungsikan sebagai input dan output. Walau hampir semua fungsi dalam file library tampaknya bisa diakses oleh header filenya. Bahasa C++ bisa digunakan dalam beberapa software tertentu, salah satunya adalah software Codeblocks. Pada dasarnya, bahasa C++ banyak digunakan dalam sebuah program-program di karenakan penggunaan bahasa nya yang mudah dipahami dan mudah dipakai sesuai pemikiran programmer itu sendiri. Sebenarnya masih banyak bahasa pemrogramman yang bisa dipakai selain C++ itu sendiri, seperti contohnya : bahasa C, pascal, delphi, dan yang lainnya. Pemrograman C++ juga memiliki bentuk umum sebagai berikut :

Bentuk umum pemrograman C++

Dalam bahasa pemrogramman C++ memiliki beberapa komponen-kompenen penting yang digunakan dalam sebuah program, salah satu komponen-komponen itu seperti : include, variable, type data, dan yang lainnya.
Apa itu include, include adalah salah satu pengarah prepocessor directive yang tersedia pada C++. Prepocessor selalu dijalankan terlebih dahulu pada saat proses kompilasi terjadi, dan memiliki bentuk umum seperti berikut :
#include <nama_file>
       Include sendiri memiliki peran penting dalam sebuah program, pasti diawal program diawali dengan perintah include untuk menjalankan program tesebut. Tanpa adanya perintah include dalam sebuah program, maka program tersebut tidak akan bisa berjalan walaupun script atau program nya itu udah lengkap. Terkadang untuk pengguaan komponen include di dalam sebuah program kurang diperhatikan, sehingga banyak program-program kita menjadi error karena masalah ini.
       Banyak macam-macam include yang digunakan berdasarkan dengan fungsinya. Seperti #include <iostream.h> yang digunakan untuk program yang melibatkan cout, #include <conio.h> yang digunakan untuk membersihkan layar dan melibatkan perintah clrscr (). #include <iomanip.h> yang digunakan untuk mengatur lebar suatu tampilan data dan melibatkan perintah setw(). #include <math.h> yang digunakan untuk operasi matematika kuadrat dan melibatkan perintah sqrt ().
Apa itu variable, variable adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. Berbeda dengan konstanta yang nilainya selalu tetap, nilai dari suatu variable bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Untuk memperoleh nilai dari suatu variable digunakan pernyataan penugasan (assignment statement). Konstanta yang dimaksudkan dalam hal ini adalah sebagai nilai tetap yang sudah tertera pada rumus atau permasalahan program yang dibuat. Variable sendiri juga memliki sintaks sebagai berikut :
variable=ekspresi;
       Variable itu sendiri juga merupakan hal yang penting dalam sebuah perogram C++. Variable memiliki bentuk umum seperti hal nya sama dengan komponen-komponen yang lain, yaitu :
Nama_tipe nama_variable;
Penulisan variable dalam sebuah program harus lebih diperhatikan, karena ada beberapa unsur-unsur yang tidak diperbolehkan dalam penulisan variable, antara lain : variable terdiri dari gabungan angka dan huruf-huruf, biasanya dalam sebuah variable lebih mendahulukan huruf dari pada angka contohnya seperti “Absen, formula_1, f3098, dan lain-lain”. Variable juga tidak boleh mengandung spasi, tidak boleh menggunakan simbol-simbol khusus seperti : $, ?, %, #, !, &, *, (, ), -, +, =, dan lain-lain. Boleh mengandung karakter yang panjang, tetapi hanya 32 karakter pertama yang akan diproses dan tentunya masih banyak komponen-komponen penting yang harus kita ketahui dalam pembuatan sebuah program sehingga program tersebut bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan kita.
Pembuatan program pertama saya dalam sebuah praktikum adalah membuat program untuk menampilkan sebuah karakter atau tulisan yang diinginkan, dalam hal ini program yang dibuat adalah menggunkan #include <iostream> karena mengandung komponen cout yang berarti menampilkan atau mencetak hasil keluaran data yang diinginkan. Penggunaan cout perlu diperhatikan karena ada beberapa simbol yang harus disertakan setelah cout seperti simbol “<<........<<” sebagai penghubung yang digunakan untuk menampilkan/mencetak data yang diinginkan dan jangan lupa untuk menambahkan simbol (;) sebagai akhir dari sebuah kalimat dalam pemrogramman. Sertakan juga perintah Return 0; supaya jika mengembalikan ke posisi awal dapat mengurangi jumlah bit dari setiap karakternya. Programnya seperti ini :

contoh program C++

Maka output yang akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini :
contoh output program C++


Pembuatan program yang kedua adalah membuat program untuk mencetak variable dan karakter yang diinginkan. Dalam hal ini variable tersebut sudah berisi nilai yang sudah ditentukan, saya menggunakan variable “x” sebagai deklarasi variable yang digunakan. Sebelum program tersebut dijalankan variable “x” sebelumnya telah diisi dengan angka yang diinginkan. Program yang digunakan masih menggunakan #include <iostream> karena mengandung unsur cout sebagai fungsi untuk menampilkan atau mencetak sebuah data program.





0 Response to "Dasar Pemrograman Bahasa C++"

Post a Comment

wdcfawqafwef